Hagia Sophia sampai hari ini masih banyak diperbincangkan di dunia internasional setelah dikonversi dari museum menjadi masjid pada Jumat, (10/07/20). Hagia Sophia menjadi polemik di berbagai media dunia baik yang pro maupun kontra.
Selain itu, kelompok Muslim CyberArmy yang concern dalam menggerakkan wacana Khilafah juga memanfaatkan
momen tersebut untuk mengampanyekan propaganda revivalisme Khilafah di media
sosial yang dikaitkan dengan alihfungsinya Hagia Sophia.
Secara historis, Hagia shophia merupakan simbol “kemegahaan
peradaban” yang telah dibangun oleh Kaisar Romawi Yustinian I pada tahun 532-
537 M sebagai gereja Basilica Ortodoks di Konstantinopel.
Dalam perjalanannya pula, ia kemudian menjadi primodona bagi para
penguasa peradaban saat itu, sehingga berbagai upaya penaklukkan terjadi untuk
menaklukkan wilayah Konstantinopel. Hagia Sophia ketika itu menjadi bukti
peradaban Kristen serta menjadi kebanggaan mereka. Secara arsitektural, bahan bangunan
Hagia Sophia dibuat dari batuan marmer yang diambil dari berbagai wilayah
pegunungan di Afrika utara dan Mesir serta dibangun selama 6 tahun.
Dalam perjalanannya, sekitar tahun 1261 M Basilica Hagia Sophia
pernah ditaklukkan oleh pasukan Salib. Mereka menyerang Konstantinopel dan
mendudukinya, padahal secara agama mereka senapas dan berkelindan. Tetapi
penaklukan ini bisa ditelaah dari faktor geopolitik dan ekonomi kala itu,
karena Hagia Sophia menjadi rebutan berbagai penguasa peradaban dunia. Salah
satunya Kekaisaran Sasaniyah, Bangsa Arab dan Dinasti Seljuk.
Kemudian pada tahun 1453 M, Sultan Mehmed II atau yang biasa
dikenal sebagai Muhammad Al-Fatih menaklukkan Konstantinopel dan kemudian
menjadikan Hagia Sophia sebagai Masjid. Tetapi ketika seiring berdirinya nation-state dalam hal ini di
Turki, Presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Attaturk pada tahun 1934
melalui keputusan pengadilan Tertinggi Turki bernomor 2/1589, 24/11/1934
kemudian menjadikan Masjid Hagia Sophia menjadi Museum sebagai wujud berdirinya
sekularisme di Turki.
Sejak Hagia Sophia ditetapkan menjadi museum oleh Attaturk, Hagia
Sophia telah menjadi simbol persaudaraan kebangsaan. Attaturk sebagai pengosong
sekularisasi dan modernisasi di Turki menjadikan Hagia Sophia sebagai payung
bersama semua bangsa dan simbol toleransi beragama.
Artinya dalam konteks ini, sebenarnya dikonversinya Hagia Sophia
menjadi masjid kembali dalam perspektif Hubungan Internasional merupakan suatu
kemunduran sejarah. Meskipun demikian, kita tidak serta merta bisa menolak
keputusan yang sudah ditetapkan Pemerintah Turki. Karena hal itu merupakan
wujud dari kedaulatan Turki sebagai suatu negara.
Ilusi Revivalisme
Khilafah
Di saat terdengar hingar bingar polemik di media seputar Hagia
Sophia, kelompok pengusung khilafah memanfaatkannya sebagai bentuk propaganda
revivalisme kekhalifahan Islam di dunia. Isu revivalisme khilafah seketika
menjamur pasca peristiwa tersebut. Mereka menyebarkan narasi bahwa dengan
dialih fungsikannya Hagia Sophia menunjukkan kejayaan Islam akan kembali lagi.
Padahal secara politis itu tidak ada kaitannya sama sekali.
Mereka memaparkan tentang narasi khilafah di media, terutama
narasi tulisan Abdul Qadeem Zallum, Amir Hizbut Tahrir yang dipilih setelah Taqiyuddin Nabhani. Mereka
menggalakkan narasi provokatif, bahwa “kita harus menegakkan Islam atau mati
demi menegakkan Islam. Kami mengajak setiap muslim di tengah kekufuran yang
merajalela di negara-negara Islam, untuk bekerja menegakkan khilafah sebagai
jalan untuk mengubah negara-negaranya menjadi Islam, menyatukannya dengan
negeri muslimin yang lain”, begitu salah satu bentuk narasi yang mereka
galakkan.
Bahkan narasi tersebut dikaitkan dengan hadits Rasulullah Saw: “Demi Allah, seandainya mereka
menaruh matahari di tagan kananku dan bulan di tangan kiriku agar aku
meninggalkan urusan ini, aku tidak akan meninggalkannya, sampai Allah
memenangkannya atau aku mati di dalam memperjuangkannya (Hadis no.909)”.
Padahal antara teks hadist tersebut dengan konteks saat ini tidak
berkaitan sama sekali, bahkan beberap hadist yang dimunculkan mereka merupakan
hadist yang maudu’. Upaya mereka ini merupakan wujud propaganda khilafahisme yang
dipaksakan.
Pada dasarnya sebagai warga muslim tidak usah terlalu berbangga
diri dengan diakuinya kembali Masjid Hagia Sophia, pun demikian pula dengan
warga Kristen tidak perlu merasa marah dan kecewa. Perlunya kesadaran bahwa hal
ini merupakan wujud dari kebijakan politik Erdogan sebagai Presiden Turki. Apalagi
dengan penggiringan narasi serta opini bahwa akan munculnya kebangkitan Islam.
Dalam hal ini, apakah kemudian dengan dikonversinya Hagia Sophia
menjadi masjid merupakan wujud dari Superioritas Islam? Saya rasa tidak. Karena
secara kalkulatif-historis, Hagia Sophia merupakan Gereja Basilica Ortodoks
yang pernah berjaya selama kurang lebih 900 tahun lamanya.
Sedangkan ketika menjadi Masjid Hagia Sophia telah bertahan selama
sekitar 500 tahun. Benang merah dari peristiwa ini adalah toleransi dan
persaudaraan kebangsaan di Turki khususnya dan persaudaraan global harus terus
dijunjung tinggi.
Sebagaimana di narasi sebelumnya, kita perlu menyikapi bersama.
Bahwa sejatinya konversinya Hagia Sophia menjadi Masjid merupakan wujud dari
populisme politik Erdogan dan tidak ada kaitannya dengan pendirian Negara
Khilafah.
Maraknya isu revivalisme khilfah harus kita counter dengan
penguatan narasi bahwa peristiwa tersebut merupakan persoalan sosio-politik
Turki. Karena secara basis ideologi pun Erdogan tidak berafiliasi dengan para
pengusung Ideologi tersebut.
Untuk itu, persaudaraan Kebangsaan sejatinya sangat penting untuk
dirawat di Turki sebagai Negara mayoritas Muslim. Sejak berdirinya banyak
Negara berbasis nation-state, itu merupakan wujud dari aktualisasi politik kebangsaan.
Dengan demikian, idealnya tidak ada saling dominasi antara kebanggaan agama
dengan persaudaraan bangsa, keduanya harus saling berimbang.
Sesuai namanya, Hagia Sophia yang diambil dari istilah Yunani,
yang berarti “Holy Wisdom” kebijaksanaan Suci harus menjadi paying bersama semua identitas.
Masjid Hagia Sophia diharapkan kedepannya harus mampu mewujudkan kemaslahatan
dalam balutan persaudaraan kebangsaan.
Hagia Sophia bukan merupakan wujud dari revivalisme Khilafah,
tetapi ia adalah milik peradaban manusia yang telah diwariskan oleh sejarah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar